`` Stik Keju Tempe : Camilan Gurih & Renyah ``

Image

Pernahkan kalian tahu bahwa tempe dan keju itu bisa dicampur untuk dijadikan sebuah makanan berbentuk stick?,
disini saya akan memberi tahu bagaimana cara membuat stik tempe keju, makanan ini sangat bergizi karena kedua bahan tersebut memiliki kaya vitamin dan protein yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan.
Berikut adalah bahan yang harus di siapkan dalam membuat stick tempe keju :
- 150 gram tempe
- 200 gram tepung terigu serba guna (resep asli 150 gram)
- 70 gram tepung sagu (resep asli 50 gram)
- 3 butir bawang putih, haluskan
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 75 gram keju cheddar parut
- 25 ml santan kental siap pakai
- 1 batang seledri, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan margarine (resep asli tidak pakai)
- Minyak untuk menggoreng
Berikut ini adalah cara membuatnya :
Pertama, tusuk tempe dengan garpu, kemudian bakar sebentar di atas kompor hingga permukaannya agak kering dan kecoklatan. Potong-potong tempe dan haluskan. Anda bisa menggunakan ulekan atau blender atau food processor seperti yang saya lakukan, untuk menghaluskannya.
Kedua, siapkan mangkuk ukuran besar, masukkan tempe halus, keju parut, tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, seledri, dan bawang putih, aduk hingga rata menggunakan spatula. Kemudian masukkan telur kocok dan santan, menggunakan jari-jari tangan aduk dan uleni adonan hingga kalis. Tambahkan margarine, uleni kembali adonan hingga margarine tercampur baik, adonan menjadi lemas dan tidak lengket.
Ketiga, sekarang kita akan memotong-motong adonan. Anda bisa menggunakan mesin pasta, caranya bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian masukkan adonan ke alat penggiling pasta, tipiskan dengan ketebalan 3 mm. Kemudian masukkan ke pemotong pasta hingga adonan terpotong.
Terakhir, goreng adonan ke minyak yang telah dipanaskan sebelumnya dan goreng menggunakan api yang sedang besarnyan hingga kecoklatan, kering dan matang. Angkat dan tiriskan, kemudian letakkan stik di piring beralas kertas tissue untuk menyerap kelebihan minyak.
Begitulah cara membuat stik tempe keju, makanan sehat  yang kaya akan vitamin dan protein. Bagi anda yang suka dengan makanan ringan dan bagi yang suka memasak juga silahkan mencoba resep ini.
Happy Trying ^_^


0 komentar:

Posting Komentar